Venue Dijamin Rampung Sebelum PON

 2 2008    Eddy Subratha    Pemerintahan-

Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) menjamin pembangunan sarana (venue) olahraga PON XII Kaltim bakal tuntas. Kesiapan Kukar sebagai salah satu daerah penyelenggara 8 cabang olahraga (cabor) PON ini disampaikan Plt Bupati Kukar Samsuri Aspar di hadapan Tim Pusat Latihan Daerah (Puslatda) Kaltim.
Bulan Mei mendatang sarana dan prasarana olahraga yang akan dipergunakan dalam PON sudah siap. Ini merupakan tanggung jawab Kukar sebagai tuan rumah. Dengan semanngat kebersamaan, persatuan, dan kesatuan mari sama-sama menyukseskan PON XII di Kalimantan Timur,” tegas Samsuri saat menerima rombongan Tim Puslatda PON Kaltim, Sabtu (29/3) malam di Pendopo Wakil Bupati.

Silaturahmi yang diikuti 43 perwakilan dari cabor yang dipertandinkan dalam PON, itu disambut hangat oleh Samsuri. Bahkan Plt Bupati Kukar itupun menyatakan rasa kegembiraannya dan bangga dengan semangat para atlet yang tergabung dalam tim Puslatda Kaltim.

Atlet yang terpilih menjadi tim Puslatda merupakan atlet pilihan yang nantinya akan membawa nama Kaltim menuju target 5 besar PON. Ini merupakan amanah masyarakat Kaltim kepada para atlet agar dapat mengharumkan daerahnya,” paparnya seraya mengatakan semua orang yang membela dan membawa nama baik Kaltim merupakan putra daerah yang perlu dibanggakan walaupun mereka pendatang.

Seperti diketahui, Kukar dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggara 8 cabor PON. Yakni renang, balap sepeda, panahan, tinju, berkuda, ski air, yudo, dan gantole. Karena itu Samsuri berharap kepada para atlet agar berlatih dengan sungguh-sungguh dan taat kepada peraturan yang ditetapkan para pelatihnya. Karena para atletlah yang akan menentukan keberhasilan dan membawa nama baik Kaltim di arena PON dengan prestasi.

Kalau latihannnya tidak baik, bagaimana bisa mendapatkan prestasi yang baik,” kilahnya. Samsuri sangat berharap atlet yang sudah masuk ke asrama Puslatda tidak di WO (dikeluarkan) karena tidak memenuhi standar. Atlet diminta tidak cepat patah semangat dan tetap berusaha dengan sekuat tenaga agar semua yang diharapkan dapat terwujud.

Komandan Puslatda Kaltim Zudhi Yahya menegaskan, sentralisasi PON XII ini merupakan acara yang baik demi menjalin silaturahmi Pemkab Kukar dan Tim Puslatda Kaltim sebagai salah satu tuan rumah di ajang PON mendatang. “Kami melakukan seleksi yang sangat ketat di setiap cabor untuk mendapatkan atlet dan pelatih dalam persiapan PON menuju Kaltim Lima Besar. Rencananya kami akan menurunkan full tim pada 43 cabor yang dipertandingkan,” paparnya.

Lebih lanjut Zudhi Yahya melaporkan bahwa tidak semua tim Puslatda Kaltim hadir di acara silaturahmi dengan Pemkab Kukar, karena tidak semua atlet Puslatda dipusatkan di asrama atlet GOR Sempaja Samarinda. Atlet Puslatda juga ada di seluruh wilayah Kaltim dan bahkan di luar Kaltim. (hmp08)