Hanya 15 Menit, 3.000 Masker Ludes Dibagikan

 22 September 2015    madi    PemerintahanBAGI MASKER : Kepala Dinkes Koentijo memberikan masker kepada pengendera yang melintas jalan raya terkait kabut asap yang makin tebal. (Ist)

TENGGARONG- Sebanyak tiga ribu masker yang dibagikan secara gratis oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kukar ludes hanya dalam waktu 15 menit. Pembagian masker kepada masyarakat tersebut dilakukan di enam titik yakni simpang tiga DPRD, simpang tiga Jembatan Bongkok, simpangan Unikarta, Gunung Pedidik, Stadion Rondong Demang dan Feri Penyeberangan Pemkab, Senin (21/9).
“Pembagian masker ini merupakan upaya Dinkes untuk menekan penderita Insfeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) di Tenggarong. Walau saat ini jumlah penderita ISPA masih relatif aman, namun melihat kualitas udara sudah mengarah ke tidak sehat,” kata Kepada Dinas Kesehatan Kukar drg Koentijo Wibdar-minto didampingi Kepala Bidang (Kabid) Manajemen dan Masalah Kesehatan Dinkes Kukar, Ismi Musfida kepada Koran Kaltim, Senin (21/9) dilapangan. Selain membagikan 3.000 masker. Dinkes juga mendistribusikan masker untuk dibagikan di Puskesmas di Kabupaten Kukar. “Masker ini dibagikan sebagai langkah antisipasi untuk menekan penderita ISPA. Total yang kita bagikan ada lebih dari 3.000 masker ini tersebar di Kukar,”tegasnya. Ia meminta kepada masyarakat agar tidak tergantung pada pemerintah untuk melindungi diri dari dampak asap. Pasalnya, masker yang dibagikan hanya mampu bertahan paling tidak beberapa hari saja. Apabila sudah rusak warga diminta untuk menggunakan masker yang lebih baik pada saat beraktivitas. “Gunakan alat pelindung selain masker apabila sudah rusak, bisa dengan sapu tangan dan handuk kecil. Ia juga mengapresiasi animo masyarakat yang menyerbu tim pembagian masker, hal ini menunjukan tingkat kesadaran masayarakt terhadap bahaya penyakit ISPA semakin baik,” pungkasnya. (ind) Sumber :: Koran Kaltim.