Urus Akte Kelahiran Cukup di Kelurahan

 01 September 2016    madi    Pemerintahan

TENGGARONG – Kelurahan Timbau Kecamatan Tenggarong meluncurkan program unggulan dalam rangka percepatan kepemilikan akta kelahiran bagi warga di wilayah kerjanya, yakni Bantuan Kepemilikan Akta Kelahiran di Kelurahan Timbau atau disingkat Bapak Himbau.


Lurah Timbau Iin Pahrian mengatakan, program Bapak Himbau ini bertujuan untuk memfasilitasi warga untuk pembuatan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kukar.

“Masyarakat tinggal mengisi blangko yang telah disiapkan dan menyiapkan persyaratannya saja. Nanti pihak kelurahan yang akan membantu menguruskan akta kelahiran ini ke Disdukcapil,” katanya. 

Dilanjutkannya, program ini tentunya untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kepemilikan akta kelahiran di wilayah Kelurahan Timbau berdasarkan Permendagri Nomor 9 Tahun 2016 tentang Percepatan Peningkatan Cakupan Kepemilikan Akta Kelahiran. “Ini adalah inovasi dalam rangka tindak lanjut pelaksanaan reformasi birokrasi Pemkab Kukar,” ungkap Iin.

“Kami targetkan selama dua minggu warga yang mengurus akan menerima akta kelahirannya secara kolektif,” tegasnya.

Untuk itu, pihaknya akan menggelar sosialisasi kepada seluruh ketua RT di lingkungan Kelurahan Timbau. Sosialisasi ini digelar secara bertahap hingga berakhir pada bulan September 2016.
“Sosialisasi akan dimulai sejak besok (hari ini, Red.) hingga bulan September,” katanya. (ale)


Sumber: