Satgas Saber Pungli Resmi Terbentuk

 19 Desember 2016    madi    Pemerintahan

SIKAT PUNGLI: Bupati Rita Widyasari mengukuhkan Satgas Saber Pungli Kukar pada Jumat (16/12) lalu.


"Dua Bulan Sosialisasi, Setelah Itu Penindakan"


TENGGARONG – Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari mengukuhkan Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kukar di Pendopo Bupati Odah Etam, Jumat (16/12) lalu.
Rita Widyasari meminta Satgas Saber Pungli Kukar bisa bekerja keras dalam memberantas kegiatan pungli yang ada di Kukar sehingga ke depannya Kukar bisa bersih dari pungli.



“Semoga pengukuhan ini bisa menghapuskan kegiatan pungli di Kukar dan memberikan pelajaran kepada pemberi maupun penerima pungli sehingga berdampak pada kemajuan Kukar,” ujar Rita.


Rita berharap praktek pungli di Kukar semakin hari akan berkurang dan pada akhirnya akan hilang sehingga masyarakat bisa merasakan bahwa pelayanan terbebas dari pungli.


Rita mengingatkan seluruh anggota Satgas Saber Pungli Kukar bahwa kegia-tan pungli bisa terjadi di mana saja kare-na pungli telah menjadi kebiasaan yang dianggap biasa oleh sebagian masyarakat.
“Kegiatan pungli itu bisa terjadi di darat, laut maupun udara, pada zaman dulu contohnya bila mau cepat bikin KTP kita bayar Rp200 ribu supaya bisa jadi dalam 2 jam,” ujar Rita mencontohkan.


Sementara itu, Ketua Satgas Saber Pungli Kukar Kompol Andre Anas mengatakan satgas akan menerapkan pola kerja berupa sosialisasi kepada seluruh instansi dan SKPD selama dua bulan sejak Januari sampai Februari 2017.  Setelah itu,  di bulan selanjutnya akan dilaksanakan penindakan.


“Kita akan mulai mensosialisasikan kepada seluruh instansi dan SKPD selama dua bulan sejak Januari 2017  dan pada bulan ketiga yaitu Maret kita akan lakukan penindakan,” ungkap Andre Anas.


Untuk diketahui Pengukuhan Satgas Saber Pungli Kukar bardasarkan Surat Keputusan Bupati Kukar Nomor 623/SK-BUP/HK/2016 tanggal 29 November 2016 di mana Penanggung Jawab adalah Bupati Kukar Rita Widyasari, Pembina Kepala Polisi Resor Kukar, Komandan Distrik Militer 0906 Tenggarong, Kepala Kejaksaan Negeri Kukar, Ketua Pengadilan Negeri Tenggarong.  Sedangkan Ketua dari Satgas Saber Pungli Kukar adalah Kompol Andre Anas yang merupakan Wakapolres Kukar. (hmp08)


Sumber : Koran Kaltim