Lapas Tenggarong Semakin Sesak

 11 Januari 2017    madi    Pemerintahan

"Penjara Dipenuhi Napi Narkoba"

TENGGARONG – Lapas Kelas IIB Tenggarong semakin sesak. Hingga kemarin, tercatat ada 1.307 narapidana dan tahanan di dalam penjara itu. Akibatnya, ruang tahanan yang harusnya dihuni 15 sampai 20 orang kini diisi 45 orang. Lapas ini menjadi penjara terpenuh di Kaltim.

Kalapas Tenggarong, M Ikhsan mengatakan Lapas ini sudah melebihi kapasitas karena idealnya hanya menampung 340 orang.

“Hari ini (kemarin, Red) sudah ada 1.307 napi dan tahanan. Besok pasti bertambah lagi, karena hampir setiap hari selalu ada tahanan dari Kejari maupun Polres Kukar,” kata Ikhsan kepada Koran Kaltim, Rabu (11/1).

Menurut Ikhsan, penghuni di Lapas ini terbanyak dalam sejarah. Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah penghuni Lapas itu rata-rata hanya 1.200-an orang.

Ikhsan mengklaim, Lapas Tengga-rong merupakan penjara paling ban-yak penghuninya di Kaltim. Saking banyaknya, penghuni harus berdesak-desakan tidur di ruang tahanan. Yang bikin miris, dari 1.307 penghuni Lapas Tenggarong, sekitar 75 persen atau 755 orang di antaranya adalah terpidana kasus narkoba.

“Dari 755 orang itu terdapat 211 bandar, 7 pemakai, dan 537 sebagai pengedar. Ini naik drastis, bulan lalu masih 600 orang, sekarang tahanan narkoba sudah 755 orang,” beber Ikhsan.

“Sejak tanggal 1 hingga 11 Januari ini ada sekitar 150 tahanan yang kita terima dari Kepolisian maupun Kejaksaan,” tambah Ikhsan.

Rata-rata, tahanan narkoba di Lapas Tenggarong meningkat lima persen setiap bulannya. Untuk mensiasati jumlah penghuni yang semakin banyak, sebagian dari napi itu dikirim ke Lapas atau Rutan lain di Kaltim. (ind)

Sumber : Koran Kaltim.