Sukses Olah Pupuk Organik dari Urine Sapi, Sangasanga Wakili Kaltim di Tingkat Nasional

 08 Mei 2017    Luthfi Husag    Pemerintahan

"Sukses Olah Pupuk Organik dari Urine Sapi"


SANGASANGA - Satu lagi terobosan terbaru yang berhasil diciptakan Kelompok Tani di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimatan Timur (Kaltim) yang terus berpacu dan berinovasi dalam pengembangan pertanian secara modern.

Salah satunya Kelompok Tani Daya Karya Mandiri (DKM) yang berada di RT 24 Kelurahan Sangasanga Dalam Kecamatan Sangasanga terpilih mewakili Kaltim tampil pada lomba hasil karya kelompok tani tingkat Nasional di Provinsi Sulawesi Tengah.

Keberhasilan Kelompok Tani DKM tersebut setelah melalui proses seleksi yang disertai dengan praktek pengujian teknologi modern. Dalam hal ini DKM melakukan pembuatan dimulai dari permentasi urine Hewan Sapi yang kemudian diolah menjadi pupuk cair organik.

"Setelah melihat proses pembuatan pipuk organik dari urine sapi yang dilakukan kelompok tani Data Karya Mandiri Sangasanga, maka Forum Komunikasi Posyantek dan Bappemas Provnsi Kaltim memutuskan DKM berhak mengikuti lomba hasil karya teknologi tingkat Nasional di Sulteng," kata Ponidi selaku narasumber dari FK Posyantek Provinsi Kaltim, Selasa (2/5/2017) di Pendopo Kelompok Tani Karya Mandiri Sangasanga.

Dalam kegiatan itu juga Ponidi memberikan gambaran dengan pemutaran video salah satu kelompok Tani Kota Samarinda tentang pengolahan sampah rumah tangga seperti sayur, buah menjadi pupuk. "Apa yang dilakukan Kelompok Tani DKM Sangasanga ini bisa dijadikan contoh dalam penemuan baru teknologi pertanian, tentunya hasil karya ini nanti akan dikembangkan sehingga ketersediaan pupuk organik dapat teratasi di Kaltim," ujarnya.

Sementara itu Camat Sangasanga Gunawan menyambut baik dan mengapresiasi atas apa yang telah dihasilkan warganya dalam berinovasi pengembangan teknologi modern pertanian. Hasil karya pupuk organik dari urine sapi ini bisa menjadi solusi dalam mencukupi kebutuhan pupuk cair organik bagi pertanian di Kaltim khususnya di Kutai Kartanegara," sambutnya.

"Semoga apa yang dihasilkan ini nantinya akan terus dapat dikembangkan dan mudah-mudahan pada lomba hasil karya teknologi Tingkat Nasional di Sulteng nantinya sukses membawa nama harum daerah," harapnya.

Kegiatan penyuluhan teknologi pertanian itu juga dihadiri, Ketua Kelompok Tani Daya
Karya Mandiri Dasi, Lurah Kelurahan Sangasanga Dalam Sunaryo, As, Bripka Darwis Rakib (Bhabinkamtibmas Sangasanga Dalam. Ponidi, Ailani dan Karni selaku nara Sumber instansi Forum Komunikasi Posyantek Propinsi Kaltim, H. Ersani dan team dari Bapemas Provinsi, Ketua Bidang SDA, Perkembangan dan Technologi, Ipik Topani dan team Penyuluh Upt dinas Pertanian dan peternakan, H. Januar perwakilan PT. Pertamina Bag. Humas, Wardhiana Wati Ketua LPM, Zainuri Ketua Rt. 24, Jaun Wiguna Ketua Forum KNPI serta masyarakat lainnya.